Kepada Viva Yoga, Husni Kamil Mengaku Ingin Istirahat

Kompas.com - 08/07/2016, 00:33 WIB
Fabian Januarius Kuwado Suasana persemayaman Ketua KPU Husni Kamil Malik di rumah duma, bilangan Pejaten, Jakarta Selatan, Kamis (7/72016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik masih mampu berbicara dengan baik pada Kamis (7/7/2016) pagi. Beberapa hari sebelumnya bahkan ia masih sempat berdiskusi soal pilkada serentak 2017.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi menghubungi Husni pada Kamis pagi. Viva menyampaikan ucapan selamat Lebaran kepada Husni melalui telepon.

Kepada Viva, Husni sempat mengeluhkan mengenai gangguan pernapasan yang dia alami. Husni pun sempat memberi tahu bahwa ia akan berobat ke rumah sakit.

"Via HP saja, mengucapkan Lebaran. Terus, katanya mau ke rumah sakit, cek kesehatan karena ada sesak nafas," kata Viva saat dihubungi, Kamis malam.

Dalam pembicaraan melalui ponsel tersebut, Husni sempat menyampaikan kepada Viva bahwa ia tidak ingin lagi mengikuti seleksi pimpinan KPU.

Menurut Viva, saat ia menanyakan kesiapan Husni untuk melanjutkan kepemimpinannya di KPU, Husni menyatakan tidak ingin lagi bekerja di KPU.

"Saya sudah tidak lagi di KPU Mas, mau istirahat'," ujar Viva saat menirukan ucapan Husni, saat dikonfirmasi, Kamis malam.

Menurut Viva, dukungan untuk melanjutkan kepemimpinan di KPU sudah tiga kali diucapkannya kepada Husni. Namun, Husni tetap menyatakan tidak ingin melanjutkan kepemimpinan di KPU.

"Support saya ini sudah tiga kali ini saya sampaikan ke almarhum. Tapi almarhum selalu menolak. Tidak mau lagi sebagai Komisioner KPU," kata Viva.

Beberapa hari sebelumnya, dalam suatu acara buka puasa bersama, menurut Viva, Husni terlihat dalam keadaan yang sangat baik.

Menurut Viva, saat itu Husni ikut berdiskusi mengenai pelaksanaan pilkada serentak 2017.

"Saya pikir ya biasa saja, karena sebelumnya sewaktu buka puasa bersama sehat-sehat saja. Lalu diskusi soal pilkada serentak 2017," kata politisi PAN itu.

Husni Kamil Manik dinyatakan meninggal dunia pada Kamis pada pukul 21.00 WIB. Husni wafat setelah dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina sejak Kamis pagi.

Jenazahnya kemudian disemayamkan di rumah duka di Jalan Siaga Raya, Nomor 23A, Pejaten, Jakarta Selatan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorSandro Gatra

Close Ads X