Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkes Akan Gratiskan Vaksin Ulang bagi Anak Korban Vaksin Palsu

Kompas.com - 28/06/2016, 16:23 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan menjamin anak-anak yang menggunakan vaksin palsu akan dilakukan vaksin ulang secara gratis.

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Maura Linda Sitanggang mengatakan, saat ini pihaknya masih memetakan di wilayah mana saja balita yang telah diberikan vaksin palsu.

"Kalau vaksin tidak timbulkan kekebalan, akan dilakukan vaksin ulang. Pemerintah siap berikan vaksin gratis," ujar Linda di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Saat ini, Bareskrim Polri bersama Kemenkes dan Badan Pengawas Obat dan Makanan akan membentuk satuan tugas untuk menindaklanjuti kasus vaksin palsu.

(baca: BPOM Temukan 28 Fasilitas Layanan Kesehatan Pakai Vaksin dari Sumber Tak Resmi)

"Tim Kemenkes akan mengatasinya dengan pemeriksaan oleh dokter anak dan melihat dampak kesehatannya setelah divaksin," kata Linda.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Aman Bhakti Pulungan mengimbau masyarakat tidak takut untuk melakukan vaksin berkala.

Menurut dia, vaksin palsu ini tidak menimbulkan efek samping selain membuat anak-anak tidak kebal terhadap penyakit sebagaimana fungsi vaksin.

(baca: Ini Daftar 12 Vaksin yang Dipalsukan)

"Kalau vaksin ini jumlahnya berlebihan, untuk efek penguat. Dia tidak akan buat efek jelek ke anak kalau berlebihan," kata dia.

"Kami siap bantu kejadian pascaimunisasi, apa ada efek samping yang terjadi," lanjut dia.

Bareskrim Polri, seperti dikutip Kompas, menelusuri jaringan distributor vaksin palsu di luar Jakarta. Polisi sudah menetapkan 15 tersangka kasus peredaran vaksin palsu.

Menurut Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Brigadir Jenderal (Pol) Agung Setya, penyidik mengembangkan peredaran vaksin palsu di Yogyakarta dan Semarang.

Kemarin, penyidik menahan tersangka berinisial T dan M di Semarang, bagian dari jaringan produsen vaksin palsu.

(baca: Citra Pembuat Vaksin Palsu yang Berbanding Terbalik dengan Perbuatannya)

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com