IPW Sebut Tito Karnavian Siapkan Perwira Muda untuk Bantu Hadapi "Fit and Proper Test" - Kompas.com

IPW Sebut Tito Karnavian Siapkan Perwira Muda untuk Bantu Hadapi "Fit and Proper Test"

Kompas.com - 21/06/2016, 15:26 WIB
Kompas/Andy Riza Hidayat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Inspektur Jenderal Tito Karnavian melayani pertanyaan jurnalis di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/3). Presiden Joko Widodo melantik Tito yang menggantikan Komisaris Jenderal Saud Usman.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memprediksi uji kepatutan dan kelayakan yang akan dijalani Komjen Tito Karnavian akan berjalan lancar.

Bahkan, ia memperkirakan, Tito akan dilantik sebagai pengganti Jenderal Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri sebelum Lebaran.

"Ada berbagai dukungan yang diberikan internal Polri untuk memuluskan langkah Tito menjadi orang nomor satu di kepolisian," kata Neta dalam pesan singkat, Selasa (21/6/2016).

Selain itu, Neta juga mengatakan bahwa Tito Karnavian sudah menyiapkan diri dalam menghadapi uji kepatutan. Sejumlah perwira muda telah diminta untuk membantu Tito.

"Tito sudah menyiapkan tim pemikir, yang terdiri dari perwira muda. Mereka antara lain, Irjen Rico Amelsa, Brigjen Gatot Edi, Kombes Eko Budi, Kombes Asep Suhendar, dan Kombes Wahyu Widada," kata dia.

 

Proses uji kepatutan itu dijadwalkan akan dilangsungkan Komisi III DPR pada Kamis (23/6/2016) mendatang.

Sehari sebelumnya, para anggota Komisi III akan menyambangi kediaman Tito untuk mendengar pendapat dari keluarganya.

Nama Tito Karnavian telah diajukan oleh Presiden Joko Widodo ke Dewan Perwakilan Rakyat pekan lalu. Kabar itu pertama kali diungkap Ketua DPR Ade Komarudin.

Ade Komarudin mengaku menerima surat dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Rabu pagi. Setelah dibuka, kata Ade, isi surat terkait pergantian Kapolri. Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti akan pensiun pada Juli 2016.

"Dalam surat itu, Bapak Presiden mengajukan Bapak Tito Karnavian yang sekarang menjabat Kepala BNPT dan mantan kepala Polda Metro," ujar Ade.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorBayu Galih

Close Ads X