Kompas.com - 16/06/2016, 17:24 WIB
Politisi PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno KOMPAS.com/Indra AkuntonoPolitisi PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno
Penulis Dani Prabowo
|
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hendrawan Supratikno membantah, fraksinya kecewa atas pilihan Presiden Joko Widodo.

Seperti diketahui, Jokowi menunjuk Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal (Pol) Tito Karnavian sebagai calon tunggal kapolri pengganti Jenderal (Pol) Badrodin Haiti yang akan pensiun akhir bulan depan.

“Ah kata siapa? Jangan diadu domba lah. Kita kompak kok,” kata Hendrawan di Kompleks Parlemen, Kamis (16/6/2016).

Fraksi PDI Perjuangan selama ini dikenal sebagai pendukung Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai Kapolri pengganti Badrodin.

(Baca: Ini Alasan PDI-P Usulkan Budi Gunawan Jadi Kapolri)

 

Awal tahun lalu, Budi yang saat itu menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Polri adalah calon tunggal Kapolri. Dia disiapkan menggantikan Jenderal (Pol) Sutarman. Budi telah mengikuti fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di Komisi III untuk dan dinyatakan lolos. Namun, pencalonan Budi terganjal setelah sempat terjerat perkara di Komisi Pemberantasan Korupsi.

Jokowi memutuskan memilih Badrodin. Sementara Budi kini menjabat Wakapolri. 

 

Saat disinggung apakah Fraksi PDI Perjuangan akan mendukung calon yang diusung Jokowi, Hendrawan tak menjawab tegas.

“Presiden tentu punya pertimbangan sendiri. Dari segi kapasitas, kapasitasnya baik. Tapi kita serahkan proses itu ke Komisi III,” kata dia.

Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Tito Karnavian menjadi calon tunggal kepala Polri. Penggantian kapolri menyusul purna tugas Badrodin Haiti.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.