Kompas.com - 15/06/2016, 14:07 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi III DPR RI akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Tito Karnavian pada Rabu (22/6/2016) pekan depan.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menunjuk Tito sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang segera memasuki masa pensiun.

"Saya sudah berkomunikasi dengan pimpinan Komisi III Pak Bambang Soesatyo. Beliau Insya Allah, jika dijadwalkan oleh Badan Musyawarah atau rapat konsultasi Bamus akan menyelenggarakan fit and proper test pada Rabu tanggal 22 Juni," kata Ketua DPR RI Ade Komarudin saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2016).

Rencananya, Kamis (16/6/2016) esok, pimpinan DPR akan melakukan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi.

Kemudian, pimpinan DPR juga akan menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan pencalonan Tito sebagai Kapolri.

Tito sebelumnya merupakan Kapolda Metro Jaya yang juga alumni terbaik Akpol angkatan 1987.

Selain Tito ada enam jenderal bintang tiga lainnya yang juga masuk dalam pencalonan Kapolri.

Calon itu antara lain Irwasum Polri Komjen Pol Dwi Priyatno, Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan, Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso, Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, Kapusdiklat Polri Komjen Pol Syarifuddin, dan Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Pol Suhardi Alius.

Kompas TV Siapa yang Akan Gantikan Badrodin Haiti?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.