Dituding Fasilitasi Kebangkitan PKI, Ini Tanggapan Luhut

Kompas.com - 01/06/2016, 20:50 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan kepada wartawan di kantor Kemenko Polhukam, Rabu (18/5/2016). Kristian ErdiantoMenteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan kepada wartawan di kantor Kemenko Polhukam, Rabu (18/5/2016).
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, disebut sebagai salah satu pihak yang memfasilitasi kebangkitan Partai Komunis Indonesia.

Terkait tudingan tersebut, Luhut enggan menanggapi banyak.

"Tanya saja sama yang ngomong. Mereka yang mau simposium, kenapa saya yang salah," ujar Luhut di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zen sebelumnya menuding Luhut dan sejumlah pihak turut memfasilitasi kebangkitan kembali PKI, melalui simposium Tragedi 1965.

"Ada (yang fasilitasi). Menko Polhukam sama Agus Widjojo," tuturnya.

Selain itu, Kivlan juga mengatakan bahwa Partai Komunis Indonesia kembali bangkit. Ia juga menyebutkan bahwa kantor PKI lama yang berada di samping Hotel Acacia, Jalan Matraman, Jakarta, akan kembali berfungsi.

Kantor lama yang sudah seperti rumah hantu itu disebut akan segera direnovasi untuk diaktifkan kembali.

Adapun Luhut, mengaku belum mendapatkan informasi tersebut. Ia mengaku kerap berkoordinasi dengan intelijen. Hingga saat ini Luhut belum mendapatkan informasi terkait titik-titik yang ditengarai sebagai kantor PKI.

Ia pun meminta Kivlan untuk memberitahu kepada pemerintah di mana lokasi tepatnya.

"Kami belum menemukan itu. Kalau Beliau tahu, tolong laporkan tempatnya di mana nanti kami lihat," kata Luhut.

Kivlan Zen juga mengatakan PKI telah membentuk struktur partai mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Ia menambahkan, sejak dua minggu lalu, mereka telah menyiapkan hingga 15 juta pendukung.

(Baca: Kivlan Zen Sebut PKI Bangkit dan Dipimpin Wahyu Setiaji)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X