Kompas.com - 24/05/2016, 06:24 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz mengatakan, tantangan Ketua Umum baru Golkar, Setya Novanto, adalah melakukan konsolidasi partai dengan segera.

Hal itu, kata dia, perlu dilakukan segera karena pada tahun 2017 mendatang seluruh partai akan menghadapi agenda politik pemilihan kepala daerah serentak.

Ia menyebutkan, pada pilkada serentak 2015 lalu, delapan dari total 13 pasangan calon perseorangan yang menang adalah kader aktif Golkar.

Menurut Masykurudin, hal ini menunjukkan bahwa yang terjadi terhadap Golkar di tingkat pusat, berpengaruh langsung terhadap seleksi kepemimpinan daerah di tubuh partai tersebut.

"Oleh karena itu, tantangan utama Setya Novanto bersama jajaran kepengurusan baru adalah konsolidasi Partai Golkar secepat mungkin," kata Masykurudin melalui keterangan tertulis, Selasa (24/5/2016).

Konflik dualisme kepengurusan Golkar yang terjadi sekitar 1,5 tahun belakangan membuat suara partai menurun drastis jika dibandingkan pilkada sebelumnya.

Tak hanya partisipasi yang menurun, sejumlah kader justru memilih didukung partai lain atau menempuh jalur independen.

Oleh karena itu, Pilkada 2017 adalah pertaruhan bagi Golkar untuk kembali mendongkrak suaranya.

"Bagaimana kekuatan Golkar dapat benar-benar dimanfaatkan untuk membangun kembali soliditas internal partai dan meraih simpati pemilih," ujar Masykurudin.

Kompas TV Memupuk Modal ala Golkar - Satu Meja
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.