Menlu Upayakan Pemulangan Jenazah WNI dari Uruguay - Kompas.com

Menlu Upayakan Pemulangan Jenazah WNI dari Uruguay

Kompas.com - 23/05/2016, 06:26 WIB
Ambaranie Nadia K.M Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi

KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, pihaknya berupaya untuk memulangkan jenazah warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal di Uruguay.

"Tentunya termasuk dalam kondisi yang bersangkutan meninggal dan sebagainya adalah pemulangan jenazah ke Jakarta," kata Menlu Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (22/5/2016).

Ia mengatakan, Kemenlu telah memiliki prosedur tetap yang baku ketika menangani kasus-kasus terkait WNI di luar negeri.

Seorang WNI, yakni Faozi bin Tolib asal Tegal, Jawa Tengah yang merupakan anak buah kapal berbendera Tiongkok, meninggal dunia saat dalam pelayaran di wilayah laut Uruguay.

Faozi diduga meninggal karena serangan jantung pada 15 Mei 2016. Keluarga  pun berharap jenazah bisa dipulangkan ke Indonesia.

Menanggapi permintaan keluarga, Retno pun mengatakan bahwa Kemenlu akan memperjuangkan permintaan tersebut.

"Sedang ditangani, kemarin saya sudah sampaikan bahwa dalam hal menangani ada kejadian seperti ini maka kami sudah memiliki satu prosedur tetap yang sangat baku untuk melakukan proteksi dan memperjuangkan hak-hak (warga negara)," kata Menlu.

Ia menegaskan bahwa proses pemulangan jenazah WNI dari Uruguay saat ini sedang ditangani oleh jajarannya di Direktorat Perlindungan WNI Kemenlu.

Faozi bekerja pada kapal nelayan milik perusahaan Dalian International Cooperation Pelagic Fisheries Co. Ltd asal Tiongkok.

Perusahaan itu beberapa kali meminta izin kepada perusahaan penyalur di Jakarta melalui email untuk bisa melarung jenazah Faozi ke laut. (Hanni Sofia Soepardi/ant)

Kompas TV Menlu Sambut 4 WNI yang Bebas


EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X