Kompas.com - 20/05/2016, 08:08 WIB
EditorBayu Galih

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswesdan meminta masyarakat meningkatkan rasa kepedulian terhadap kondisi serta aktivitas anak-anak di lingkungannya guna mencegah terjadinya kasus kekerasan terhadap anak.

"Masyarakat, khususnya orang dewasa harus memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap anak-anak di lingkungannya," kata Menteri Anies di Gedung DPRD DIY, Kamis (19/5/2016).

Menurut Anies, maraknya kasus kekerasan terhadap anak akhir-akhir ini tidak lepas dari rendahnya kepedulian masyarakat terhadap anak di lingkungannya.

"Jangan sampai masyarakat baru berduka dan saling menyalahkan ketika ada kasus terjadi," kata dia.

Ia mengatakan, golongan masyarakat yang lebih dewasa seharusnya mampu menjadi seorang kakak yang memiliki tanggung jawab terhadap anak-anak di lingkungannya sebagaimana terhadap adiknya sendiri.

"Orang dewasa harus melihat anak-anak sebangsa sebagai adik sendiri, Kalau mereka berada di tempat berisiko maka sapalah, jika ada gerombolan yang kira-kira bisa membahayakan anak maka harus dilaporkan, jangan diam saja," kata dia.

Menurut Anies agar pengawasan terhadap anak-anak di tingkat daerah dapat berjalan efektif, maka seperti halnya di sekolah, masyarakat juga perlu membentuk gugus pencegahan kekerasan yang terdiri atas tokoh masyarakat, ahli psikologi dan tokoh pendidikan.

Anies mengatakan kasus kekerasan yang marak diberitakan di media massa sebetulnya hanya ujung dari proses panjang yang terjadi pada diri pelaku. Dengan demikian, justru yang diperlukan adalah upaya deteksi sebelum terjadi sebuah masalah.

"Kasus yang ada di media massa sebetulnya adalah ujung. Sebetulnya prosesnya bertahap, sehingga seharusnya bisa dilakukan pencegahan lebih awal sebelum betul-betul menjadi masalah," kata Anies. (Luqman Hakim/ant)

Kompas TV Pengusaha Sukses Ini Cabuli Belasan Anak
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.