Kompas.com - 13/05/2016, 20:43 WIB
Penulis Bayu Galih
|
EditorBayu Galih

NUSA DUA, KOMPAS.com - Bakal calon ketua umum Partai Golkar, Priyo Budi Santoso, menilai pengembangan sumber daya manusia perlu dilakukan agar dapat bersaing dengan negara lain.

Dalam menyampaikan visi dan misinya dalam debat calon ketua umum Partai Golkar di Nusa Dua, Priyo pun menyatakan prihatin dengan kerugian yang dialami sejumlah perusahaan dalam negeri akibat SDM kalah bersaing secara global, salah satunya perusahaan jamu.

"Saya juga melihat si mbok jamu-si mbok jamu. Perusahaan jamu seperti Sido Muncul gulung tikar karena dahsyatnya jamu dari negara China," kata Priyo dalam acara debat di Nusa Dua, Jumat (13/5/2016).

Menurut Priyo, pendidikan merupakan kunci dalam pengembangan sumber daya daya manusia. Dia pun menyayangkan mahalnya pendidikan di Indonesia saat ini, terutama perguruan tinggi.

"Pendidikan murah, itu visi saya," tutur Priyo.

Selain pendidikan, Priyo juga menyoroti pentingnya balai latihan kerja yang mencetak tenaga kerja terampil. Balai Latihan Kerja bisa dilakukan juga dengan mengembangkan sekolah kejuruan di tingkat pendidikan atas.

"Untuk SMK, di Solo, yang dimotori oleh wali kota Solo yang kini menjadi presiden, Pak Jokowi, telah melahirkan mobil Esemka," tutur Priyo.

Kompas TV Adu Kuat Jagoan JK & Luhut di Ring Munaslub
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.