Kompas.com - 20/04/2016, 17:12 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Panel Mahkamah Kehormatan DPR sepakat bahwa Anggota DPR dari Fraksi PPP Fanny Safriansyah atau Ivan Haz telah melanggar kode etik berat karena terbukti melakukan kekerasan terhadap asisten rumah tangganya.

Keputusan ini diambil dalam rapat panel MKD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/4/2016).

"Kita menyimpulkan, semua anggota panel, bahwa kasus ini adalah pelanggaran berat," kata Ketua Panel MKD Lili Asdjudiredja usai rapat.

Lili mengatakan, tak ada perdebatan berarti dalam mengambil keputusan ini. Sebab, berdasarkan seluruh bukti dan saksi yang dikumpulkan, Ivan memang terbukti melakukan penganiayaan terhadap asisten rumah tangganya.

Ivan sudah mengakui penganiayaan itu saat MKD memeriksanya di Polda Metro Jaya. Namun, panel MKD belum memutuskan sanksi yang dijatuhkan kepada Ivan. (baca: Kepada MKD, Ivan Haz Akui Aniaya PRT hingga Bolos)

Sanksi akan diputuskan bersama-sama dengan seluruh anggota MKD dalam rapat pleno yang rencananya digelar pada Kamis (21/4/2016).

"Kalau kode etik berat sanksinya diskors minimal 3 bulan atau paling berat diberhentikan," ucap Lili.

Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta sebelumnya sudah menyatakan lengkap berkas perkara kekerasan yang dilakukan Ivan Haz terhadap asisten rumah tangganya berinisial T (20).

Dengan demikian, kasus itu segera disidangkan. Ia dijerat Pasal 44 ayat 1 dan 2 serta Pasal 45 UU Nomor 23 Tahun 2004 dengan ancaman penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal Rp 30 juta.

Kompas TV Pengurus PPP Surakarta Minta Ivan Haz Dipecat
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.