Usai Pecat Fahri, PKS Rombak Fraksi di DPR

Kompas.com - 11/04/2016, 16:21 WIB
google Logo PKS

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melakukan perombakan terhadap jajaran fraksinya di DPR. Perubahan dilakukan baik di jajaran pimpinan fraksi maupun di alat kelengkapan Dewan.

Perubahan komposisi fraksi PKS ini disampaikan dalam jumpa pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Di jajaran pimpinan fraksi, Jazuli Juwaini tetap menjabat sebagai ketua, tetapi masuk sejumlah nama baru, seperti Tifatul Sembiring sebagai wakil ketua bidang politik hukum dan keamanan menggantikan Aboebakar Al-Habsy.

Lalu, di jajaran komisi dan alat kelengkapan Dewan, sejumlah kader PKS yang menjabat ketua atau wakil ketua juga diganti. (Baca: Selasa, Pimpinan DPR Putuskan Nasib Fahri Hamzah)

Mahfudz Siddiq dicopot dari Ketua Komisi I DPR, digantikan Abdul Haris Al Anshori. Mahfudz dipindahkan ke Komisi IV DPR.

Mustafa Kamal dicopot dari Wakil Ketua Komisi II dan digantikan Al Muzzamil Yusuf.

Jazuli Juwaini mengatakan, perombakan fraksi merupakan hal yang biasa dilakukan oleh PKS. Dia membantah rotasi ini sebagai bersih-bersih pasca-pemecatan terhadap Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan anggota Komisi I DPR Gamari Sutrisno beberapa waktu lalu. (Baca: Langgar Syariah, Anggota DPR Ini Dipecat PKS)

"Tidak ada yang bersih-bersih. Yang perlu dibersihkan itu masjid, mushala," kata Jazuli.

Jazuli mengatakan, perombakan ini lebih bertujuan agar anggota Fraksi PKS mempunyai banyak pengalaman.

Penurunan jabatan anggota dari yang sebelumnya sebagai ketua atau wakil ketua komisi menjadi anggota, juga bukanlah bentuk hukuman. (Baca: Pimpinan DPR Tak Ingin Buru-buru Sahkan Pengganti Fahri Hamzah)

"Misalnya, Pak Mahfudz adalah anggota fraksi terbaik, sukses membangun komunikasi dengan mitranya secara baik. Bahkan, dengan Menlu membuka konjen di Ramalah. Di PKS tidak ada istilah punishment, tetapi lebih ke transfer knowledge," ucap Jazuli.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorSandro Gatra
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X