Soal Kemerdekaan Palestina, Sikap Indonesia Tak Akan Berubah

Kompas.com - 31/03/2016, 14:05 WIB
AFP PHOTO / MAHMUD HAMS Perempuan Palestina duduk di belakang kereta saat terjadi bentrokan dengan tentara Israel di dekat Nahal Oz, Gaza, 10 Oktober 2015.

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Armanatha Nasir menegaskan bahwa sikap Pemerintah Indonesia tidak akan berubah terkait kemerdekaan Palestina.

"Intinya yang ingin saya tegaskan bahwa dukungan atau upaya Indonesia untuk mendorong kemerdekaan Palestina tidak akan berubah," ujar Armanatha saat ditemui di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2016).

Hal itu disampaikan Armanatha terkait seruan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk membentuk hubungan diplomatik antara Israel dan Indonesia. (Baca: Netanyahu Serukan Pembentukan Hubungan Diplomatik Israel-Indonesia)

Seruan Netanyahu itu disampaikan ketika menerima kunjungan delegasi wartawan Indonesia, Senin (28/3/2016), di kantornya di Jerusalem.

Armanatha menyayangkan kegiatan beberapa wartawan Indonesia bertemu dengan PM Benyamin Netanyahu tersebut dipolitisasi oleh pihak Israel. (baca: Said Aqil: Konstelasi Politik Terguncang jika Ada Hubungan Diplomatik RI-Israel)

Menurut dia, pihak Kementerian Luar Negeri RI mengetahui kegiatan seperti itu sudah beberapa kali dilakukan untuk kepentingan promosi sosial, pariwisata dan bisnis.

"Kami menyayangkan apabila kegiatan seperti itu dipolitisasi oleh pihak Israel," kata Armanatha. (baca: Ketua Komisi I DPR: Israel Risau terhadap Sikap Jokowi)


EditorSandro Gatra

Close Ads X