Indonesia Siapkan Kesepakatan Kerja Sama Maritim dan Pendidikan Tinggi dengan Belanda

Kompas.com - 24/03/2016, 12:26 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (24/3/2016) KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRAMenteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (24/3/2016)
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders, salah satunya membicarakan tentang finalisasi nota kesepahaman kerja sama dalam sejumlah bidang.

Dua kesepakatan yang tengah diselesaikan berkaitan dengan kerja sama maritim dan pendidikan tinggi.

"Tentu saja kita harapkan akan ada lagi kerja sama-kerja sama konkret selanjutnya dari hubungan bilateral kita," ujar Retno, di Kantor Kemenlu, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (24/3/2016). 

Retno menambahkan, Indonesia membangun kerja sama dengan Belanda di berbagai sektor, mulai dari perdagangan, pendidikan, peristiwa, hingga manajemen sumber daya air.

Pada 2014, tercatat sebanyak 14.554 warga negara Indonesia di Belanda. Sementara, pada 2015 sebanyak 166.824 wisatawan Belanda berkunjung ke Indonesia.

Adapun pertemuan keduanya merupakan kelanjutan dari pertemuan Bali Regional Ministerial Conference pada 22-23 Maret 2016.

Dari pertemuan ini, diharapkan ke depannya investor Belanda di Indonesia terus bertambah, khususnya di sektor maritim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.