Kompas.com - 17/03/2016, 12:39 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, Golkar tidak memiliki cukup kursi untuk mengusung sendiri calon gubernur di DKI Jakarta dalam Pilkada 2017.

Untuk itu, DPP Golkar telah memberikan instruksi kepada DPD Partai Golkar DKI Jakarta guna membangun komunikasi politik dengan partai lain.

"Partai Golkar di Jakarta harus melakukan koalisi (untuk bisa mengusung pasangan calon)," kata Idrus di Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Idrus enggan mengungkapkan sudah sejauh apa komunikasi yang dilakukan DPD Partai Golkar. Termasuk juga partai mana saja yang bersedia untuk membangun koalisi dengan Golkar dalam Pilkada DKI.

(Baca: Hanura: Partai Khawatir Ahok Menang, Bisa Menggelinding ke Daerah Lain)

Selain membangun komunikasi, ia mengatakan, DPP juga menginstruksikan kepada DPD Golkar DKI Jakarta untuk melakukan kajian atas sejumlah nama yang digadang bakal menjadi calon gubernur DKI.

"Kita harapkan April-Mei selesai, lalu Mei-Juni nama sudah mengerucut," kata dia.

Hingga saat ini, baru Partai Nasdem yang sudah memutuskan mendukung Basuki Thahaja Purnama alias Ahok dalam Pilkada DKI.

Hanura juga akan menyusul Nasdem. Deklarasi dukungan terhadap Ahok akan dilakukan dalam waktu dekat. (baca: Hanura Pastikan Dukung Ahok Saat Pilkada DKI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.