Kompas.com - 07/03/2016, 14:46 WIB
|
EditorSabrina Asril
JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan I Made Sutrisna telah mendengar bahwa keputusan Jaksa Agung M Prasetyo mendeponir perkara Abraham Samad dan Bambang Widjojanto akan dipraperadilankan.

"Sudah, sudah dengar informasi tersebut, tetapi sampai saat ini belum masuk permohonan itu," ujar Made saat dihubungi Kompas.com, Senin (7/3/2016).

Made menolak menjawab saat ditanya apakah keputusan deponering dapat digugat melalui jalur praperadilan. Menurut Made, pihaknya tetap akan menerima setiap laporan yang masuk. Namun, setelah itu, akan diteliti apakah masuk obyek praperadilan atau tidak.

(Baca: Deponir Kasus Abraham-Bambang Akan Digugat Lewat Tiga Jalur)

"Sudah kewajiban kami untuk menerima. Kan nanti ketua pengadilan meneliti dulu. Apakah ini bisa ditindaklanjuti atau tidak. Saya tidak bisa katakan bisa atau tidak sekarang," lanjut Made.

Sejumlah LSM yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Penegakan Hukum berencana menggugat keputusan Jaksa Agung M Prasetyo tentang deponering perkara Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

(Baca: "Deja Vu", Akhir Kisah Abraham Samad-BW Deponir Seperti Bibit-Chandra)

LSM-LSM itu antara lain Ikatan Sarjana dan Profesi Kepolisian (ISPPI), Indonesia Police Watch (IPW), Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPPP), Perhimpunan Pengacara Pengawal Konstitusi (PMHI), dan Peduli Kejujuran (Pijar).

"Kami akan gugat keputusan Jaksa Agung mendeponir kasus Abraham dan Bambang melalui tiga jalur, yakni praperadilan, PTUN, dan MK," ujar Ketua Presidium IPW Neta S Pane saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.