Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2016, 18:08 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Golkar, Ade Komarudin, mengatakan bahwa ia hingga kini belum memastikan untuk mencalonkan diri sebagai ketua umum Partai Golkar.

Menurut Ade, saat ini dirinya masih melakukan kalkulasi politik, termasuk mengenai kemampuan finansial.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu mengaku, tidak sedikit elite Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar yang meragukan kemampuannya secara finansial jika ingin mencalonkan diri. Hal itu diketahui dari hasil konsolidasi yang ia lakukan di sejumlah daerah di Tanah Air.

"Saya ini orang kampung, anak seorang kepala KUA. Ada yang nanya, bagaimana calonin ketum Golkar kalau duitnya pas-pasan?" kata Ade di Kompleks Parlemen, Selasa (23/2/2016).

Ade pun menceritakan kisah Barack Obama ketika mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Saat itu, Obama harus menghadapi Hillary Clinton dalam kontes konvensi Partai Demokrat sebelum diusung oleh partai itu.

"Dalam konvensi itu, Obama senator pertama kali, dan mantan kepala jurnal hukum di Harvard University. Dari segi finansial lemah. Melawan Hillary Clinton, ibu negara dua periode dan istri gubernur Texas dua periode, pengacara terkenal, dan dibayar mahal," kata dia.

Untuk mengumpulkan dana, Obama kemudian menggalang dukungan dari masyarakat. Hasilnya, uang yang digalang pun melebihi kekayaan Hillary, dan membuat Obama menjadi capres terkaya saat itu.

"Bahkan, utang Hillary kepada bank dibayarkan oleh logistik kampanye Obama," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com