Dua Terduga Teroris di Sumedang Tak Terkait Langsung Bom Thamrin

Kompas.com - 11/02/2016, 19:38 WIB
Suasana pengamanan di rumah terduga teroris di Jl Swadaya Satu PT Her satu Balikpapan Selatan, Jumat (15/1/2016). Tribun Kaltim/Ahmad SidikSuasana pengamanan di rumah terduga teroris di Jl Swadaya Satu PT Her satu Balikpapan Selatan, Jumat (15/1/2016).
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - I dan H, dua terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Antiteror Polri di Sumedang, Kamis (11/2/2016), rupanya memiliki keterkaitan tidak langsung dengan aksi teror di Sarinah, Jakarta, 14 Januari 2016 lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Agus Rianto mengatakan, keterkaitan yang dimaksud, I dan H sempat menyembunyikan seseorang berinisial Kh alias H.

"Nah, Kh alias H adalah bagian jaringan dari salah satu teroris yang mati saat teror di Jalan Thamrin," ujar Agus di Kompleks Mabes Polri, Kamis sore.

Teroris di Jalan Thamrin yang dimaksud itu adalah Dian Juni Kurniadi. Dian diketahui meninggal dunia setelah meledakkan dirinya sendiri di Pos Polisi Lalu Lintas Jalan M.H Thamrin.

Agus menambahkan, Kh alias H sendiri telah ditangkap Densus 88 sebelumnya. I dan H ditangkap di Jalan Raya Sumedang, Jawa Barat, sekitar pukul 15.00 WIB.

(Baca: Densus 88 Tangkap Dua Buron Pelatihan Militer di Aceh)

Catatan Densus 88, keduanya masuk DPO terorisme melalui pelatihan militer di Aceh bersama-sama dengan Bahrun Naim dan Sunakim alias Afif, 2010 silam.

Bahrun Naim disebut polri merupakan WNI di Suriah yang menjadi auktor intelektualis aksi teror di kawasan Sarinah, Jakarta, 14 Januari 2016 lalu. Adapun, Afif adalah salah satu pelaku teror yang tewas dalam peristiwa itu.

Agus menambahkan, I dan H juga merupakan bagian dari jaringan kelompok radikal tanah air bernama JAD atau Jemaah Anshorud Daulah.

Densus 88 memiliki waktu tujuh hari pasca-penangkapan untuk menentukan unsur pidana kedua terduga teroris tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X