Jokowi: Pembangunan Jalan Tol Lampung Paling Cepat

Kompas.com - 11/02/2016, 15:37 WIB
Presiden Joko WIdodo saat menghadiri groundbreaking proyek kereta ce[at, Jakarta-Bandung di Cikalong Wetan, Bandung, Kamis (21/1/2016). Kompas.com/ Yoga SukmanaPresiden Joko WIdodo saat menghadiri groundbreaking proyek kereta ce[at, Jakarta-Bandung di Cikalong Wetan, Bandung, Kamis (21/1/2016).
EditorSandro Gatra

LAMPUNG, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, progres pembangunan jalan Tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, paling cepat pengerjaannya.

"Pengerjaan Tol Trans-Sumatera di Lampung, khususnya di Desa Sabahbalau, paling cepat disusul daerah lainnya seperti di Sulawesi sehingga saya terus memantau perkembangannya," kata Presiden di Sabahbalau, Lampung Selatan, Kamis (11/2/2016), seperti dikutip Antara.

Presiden menyatakan gembira bahwa progres pembangunan jalan Tol Trans-Sumatera di Lampung cukup baik dan hingga sekarang telah mencapai beberapa kilometer pembangunannya.

Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, serta sejumlah pejabat lainnya telah beberapa kali mengunjungi Lampung.

"Saya memantau perkembangan jalan tol untuk yang ketiga kalinya di Desa Sabahbalau ini," ujarnya.

Di sisi lain, pemerintah juga telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,2 triliun untuk sisa ganti rugi lahan di Lampung.

"Pak Gubernur Lampung telah meminta kepada saya untuk mempercepat proses pencairan dana untuk lahan pembangunan jalan tol tersebut," tambahnya.

Presiden juga menyatakan beberapa ruas jalan tol akan diujicobakan untuk dilalui kendaraan pada arus mudik mendatang.

Sementara itu, jalan Tol Sumatera sepanjang 7 km antara Jalan Ir Sutami menuju Kotabaru, Lampung Selatan, atau sebaliknya dapat digunakan menjelang arus mudik Lebaran mendatang.

"Bulan Maret 2016 target gerbang tol selesai sehingga dapat digunakan untuk mengantisipasi macet pada arus mudik mendatang. Kami akan membuka gerbang tol di dua lokasi itu," kata Manajer Enginer PT Waskita Karya, Marsesa Edward.

Halaman:


Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X