Menpan RB: 14 Lembaga Negara Non-struktural Bakal Dibubarkan

Kompas.com - 05/02/2016, 16:03 WIB
Mentri PAN RB, Yuddy Chrisnandi KOMPAS.com/SRI LESTARI Mentri PAN RB, Yuddy Chrisnandi
|
EditorGlori K. Wadrianto
SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 14 lembaga non-struktural negara diusulkan untuk dibubarkan.

Usul pembubaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dilakukan sebagai langkah efisiensi struktural dalam konteks reformasi birokrasi.

"Sebenarnya kami lakukan pengkajian dan evaluasi terhadap 25 lembaga negara non-struktural yang bersifat ad hoc, namun hanya 14 yang kami rekomendasikan untuk dibubarkan," kata Menpan RB Yuddy Chrisnandi, di Surabaya, Jumat (5/2/2016).

Rekomendasi dan hasil kajian 24 lembaga negara tersebut, kata Yuddy, sudah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo dan tinggal menunggu rekomendasi. "Kami sudah berkoordinasi dengan Menko Polhukam," ujar dia.

Yuddy mengatakan, pembubaran 14 lembaga negara tersebut karena dinilai sudah tidak lagi efektif. Lalu, dengan mempertimbangkan efisiensi struktural dalam konteks reformasi birokrasi.

Sayangnya, dia menolak menyebut ke-14 lembaga negara non-struktural tersebut karena khawatir akan muncul polemik.

"Salah satunya yang sudah sering disinggung adalah Badan Olahraga Profesional Indonesia atau BOPI," ucap dia.

Meski dibubarkan, Yuddy meminta pegawai dan pejabat yang bertugas di lembaga tersebut tidak panik karena mereka akan dikembalikan ke lembaga kementerian terkait.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X