Menlu Retno Berbelasungkawa atas Wafatnya Mantan Dubes RI Djoko Susilo

Kompas.com - 26/01/2016, 19:21 WIB
Djoko Susilo yang ketika itu masih menjadi Duta Besar RI di Swiss bersama dengan politisi Wanda Hamidah dan sejumlah pelajar Indonesia di Bern, Swiss. Foto bersumber dari blog pribadi tokoh Partai Amanat Nasional (PAN) ini. thedjokosusilo.orgDjoko Susilo yang ketika itu masih menjadi Duta Besar RI di Swiss bersama dengan politisi Wanda Hamidah dan sejumlah pelajar Indonesia di Bern, Swiss. Foto bersumber dari blog pribadi tokoh Partai Amanat Nasional (PAN) ini.
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam, baik secara pribadi dan Kementerian Luar Negeri, atas meninggalnya Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Djoko Susilo.

Almarhum Djoko Susilo tutup usia hari ini, Selasa (26/1/2016), pada usia 54 tahun.

"Duta Besar Djoko Susilo merupakan sosok duta besar yang aktif dan rajin, serta selalu mengutamakan kepentingan negara," demikian disampaikan Retno melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Djoko Susilo lahir di Boyolali pada 6 Juni 1961.

Setelah lulus dari jurusan Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada pada tahun 1985, Djoko menjadi Dosen Fakultas Ilmu Sosial Politik di Universitas Airlangga.

Selain dikenal sebagai duta besar, Djoko adalah seorang wartawan ternama yang aktif berkontribusi di berbagai media massa nasional dan pernah menjadi editor dan koresponden Jawa Pos di Amerika Serikat dan Eropa.

Djoko Susilo terpilih menjadi anggota DPR-RI Komisi I dari Fraksi Partai Amanat Nasional untuk periode 1999-2009. 

Djoko Susilo kemudian diangkat menjadi duta besar untuk Swiss dan Liechtenstein pada Maret 2010 dan menjabat hingga Januari 2014.

Selama menjabat, Djoko Susilo telah aktif meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Swiss dan Liechtenstein, melalui program kerja sama di bidang perdagangan, budaya, dan pendidikan.

Dubes Djoko Susilo juga telah banyak memberi sumbangsih dalam meningkatkan kemampuan para diplomat muda dan diplomasi Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X