Zulkifli Hasan: Soetrisno Bachir Kan Tim Sukses Pak Jokowi

Kompas.com - 20/01/2016, 15:35 WIB
Zulkifli Hasan didampingi tokoh senior PAN Amien Rais dan Sutrisno Bachir dalam acara pemantapan jelang Kongres PAN, di Yogyakatrta, Rabu (25/2/2015). Saat itu, Zulkifli Hasan merupakan calon Ketua Umum PAN. KOMPAS.com/IHSANUDDINZulkifli Hasan didampingi tokoh senior PAN Amien Rais dan Sutrisno Bachir dalam acara pemantapan jelang Kongres PAN, di Yogyakatrta, Rabu (25/2/2015). Saat itu, Zulkifli Hasan merupakan calon Ketua Umum PAN.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo melantik Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional, Soetrisno Bachir, sebagai Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Rabu (20/1/2016).

Namun, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membantah bahwa pelantikan itu terkait dukungan PAN kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Itu kan hak Presiden. Mas Tris (Soetrisno Bachir) kan tim sukses Pak Jokowi, itu tidak terkait sama PAN," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Rabu.

Zulkifli juga enggan berkomentar ketika disinggung apakah sudah ada pembicaraan sebelumnya antara Presiden Jokowi dan PAN terkait penunjukan Soetrisno.

Hal ini termasuk saat ditanya mengenai wacana perombakan kabinet yang akan dilakukan Presiden dalam waktu dekat.

"Itu hak prerogratif Presiden. Urusan Presiden," kata dia.

Soetrisno sebelumnya membantah bahwa penunjukan dirinya terkait dukungan PAN ke pemerintah. Ia berdalih dipilih menjadi Ketua KEIN karena latar belakang pengalaman sebagai pengusaha.

(Baca: Jabat Ketua KEIN, Soetrisno Bachir Merasa Tak Wakili PAN)

Soetrisno menegaskan, untuk menunjukkan komitmennya memimpin KEIN, ia akan melepaskan jabatan dalam struktur kepengurusan PAN.

(Baca: Ini Profil Soetrisno Bachir Selaku Ketua KEIN)

"Saya tidak mewakili PAN di sini, (saya) sebagai entrepreneur, profesional," kata Soetrisno, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Soetrisno akan menyampaikan pengunduran dirinya secara resmi sebagai pengurus PAN dalam waktu dekat.

"Kalau urusan PAN urusan ketua umum, dan saya juga nanti kan harus lengser keprabon kalau harus mendapat jabatan seperti ini. Ya, saya tidak boleh aktif lagi di partai," ujar mantan Ketua Umum PAN itu.

Pelantikan Soetrisno dan jajaran KEIN dilakukan di Istana Negara pada Rabu pagi. Soetrisno didampingi politisi PDI Perjuangan, Arif Budimanta, yang menjadi Wakil Ketua KEIN. (Baca: Jokowi Pilih Soetrisno Bachir Pimpin KEIN, Ini Daftar Pengurusnya)



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X