Kompas.com - 19/01/2016, 14:41 WIB
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Polri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengatakan bahwa kelompok teroris Bekasi dan kelompok teroris Cirebon diduga terlibat dalam aksi teror di kawasan seputar Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016).

"Kelompok Bekasi dan kelompok Cirebon punya komunikasi yang kuat. Jadi, ada dua kelompok besar terlibat dalam ledakan Thamrin," kata Badrodin saat menjenguk korban ledakan di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Ia mengatakan, hingga saat ini sudah 17 orang yang ditetapkan menjadi tersangka dalam aksi teror di kawasan seputar Sarinah itu. Dari jumlah itu, 12 orang di antaranya sudah ditangkap, sedangkan 5 orang lain berada di Lembaga Pemasyarakatan Tangerang dan akan mendapatkan tambahan hukuman.

Menurut Badrodin, meskipun berbeda pimpinan, ada irisan yang kuat antara kelompok Bekasi dan kelompok Cirebon saat mengeksekusi bom di Thamrin yang menewaskan 8 orang tersebut.

Polri masih melakukan penyelidikan lebih dalam untuk mencari dalang teror tersebut.

(Baca: Kapolda: Bahrun Naim Berhubungan dengan Terduga Teroris yang Ditangkap di Bekasi)

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Anton Charliyan mengatakan bahwa belasan terduga teroris yang telah ditangkap, khusus di Bekasi, tidak terkait aksi teror di Thamrin, tetapi terkait kepemilikan senjata api.

Adapun delapan dari belasan terduga teroris itu aktif dalam kegiatan radikal pendukung Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

(Baca: Delapan dari 13 Orang yang Ditangkap Polisi Diduga Terkait Teror Sarinah)

Amriyono Prakos/Tribunnews

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.