Kompas.com - 31/12/2015, 13:10 WIB
|
EditorSabrina Asril
JAKARTA, KOMPAS.com — Jika Anda berencana merayakan pergantian tahun malam nanti, jangan lupa untuk mengecek selalu kondisi lalu lintas di sekitar Anda.

Pantauan arus lalu lintas saat ini pun semakin mudah dengan kehadiran aplikasi NTMC TV milik Kepolisian RI. Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi itu di Google Playstore dari ponsel pintar untuk bisa mengakses informasi terbaru seputar arus lalu lintas.

"Ini bisa langsung membuka daerah mana pun di seluruh Indonesia, semua titik yang ada (kamera) CCTV dan terkoneksi dengan NTMC," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Suharsono saat ditemui di Kompleks Mabes Polri, Kamis (31/12/2015). 

Suharsono menambahkan, ada lebih dari 900 kamera CCTV se-Indonesia yang bisa diakses.  Ia mencontohkan akses kamera CCTV di Stasiun Tugu, Yogyakarta. 

Masyarakat dapat melihat arus lalu lintas di sana dan mencari jalur alternatif jika CCTV menunjukkan kepadatan arus lalu lintas di sana. 

"Ini juga salah satu bentuk kecerdasan masyarakat calon pengguna jalan untuk tahu, oh jalur sana seperti ini, jalur sana seperti itu, berarti saya harus lewat jalan ini," ungkapnya. 

Meski akses informasi lalu lintas saat ini lebih mudah, kata Suharsono, jajaran Polri tetap siap melakukan pengamanan dan memusatkan pengamanan di sejumlah titik yang diprediksi rawan kepadatan arus lalu lintas. 

"Jajaran Kepolisian RI siap mengamankan kegiatan masyarakat dalam menyambut Tahun Baru yang tinggal beberapa jam lagi," ujar Suharsono.

Setidaknya, ada 90.000 personel Polri yang dilibatkan dalam pengamanan perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 kali ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.