Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri: Kepri Ini Terkenal Banyak Jalur Tikusnya

Kompas.com - 30/12/2015, 16:55 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

TANJUNG PINANG, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan, Provinsi Kepulauan Riau adalah wilayah yang strategis dari aspek geografis dan ekonomi.

Bahkan, situasi di Kepri menunjang indikator stabilitas nasional. Atas kondisi tersebut, lanjut Tjahjo, muncul jalur-jalur yang disebut 'jalur tikus' berbagai macam kepentingan.

Jalur tikus itu digunakan mulai dari narkotika dan bahan berbahaya, jalur perdagangan orang hingga akses bagi kelompok radikal untuk bisa masuk ke Indonesia.

"Kepri ini terkenal ada banyak jalur tikusnya, keluar masuknya narkoba, orang asing dan sebagainya," ujar Tjahjo dalam pidato upacara pelantikan pejabat Gubernur Kepri di Tanjung Pinang, Rabu (30/12/2015).

"Bahkan orang-orang jihad di Poso itu ternyata pintu masuknya dari Kepulauan Riau, lalu ke sana," ucap Tjahjo.

Tjahjo meminta pejabat Gubernur Kepri yang baru dilantiknya bekerjasama dengan seluruh pihak, mulai masyarakat, tokoh adat, Polri dan TNI untuk bersama-sama mewaspadai hal itu.

Apalagi, lanjut Tjahjo, area Kepri berbatasan dengan beberapa negara, yakni Singapura, Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Selain itu, ada 15 pangkalan militer negara asing yang disebut Tjahjo "mengarahkan moncong senjatanya ke Indonesia". Hal tersebut harus menjadi kewaspadaan sendiri bagi pejabat di Kepri.

Mendagri berada di Kepri untuk melantik Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antarlembaga Menteri Dalam Negeri Nuryanto sebagai pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Riau, Rabu siang.

(Baca: Provinsi Kepri Resmi Dijabat Pejabat Sementara)

Nuryanto menggantikan pejabat sementara gubernur yang lama, yakni Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Agung Mulyana.

Agung masuk masa pensiun per 1 Januari 2016 mendatang.

Pemberhentian Agung dan pengangkatan Nuryanto didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 130/P Tahun 2015 tentang Penghentian dan Pengangkatan Pejabat Gubernur Kepulauan Riau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com