Pesawat Golden Eagle Jatuh Setelah Manuver "Low Pass"

Kompas.com - 20/12/2015, 15:20 WIB
Kepulan asap hitam tampak dari lokasi jatuhnya pesawat T-50 saat Gebyar Dirgantara di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (20/12/2015) pagi. Agustinus BayuajiKepulan asap hitam tampak dari lokasi jatuhnya pesawat T-50 saat Gebyar Dirgantara di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (20/12/2015) pagi.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorErvan Hardoko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara berjenis T-50i Golden Eagle jatuh saat menjalani sesi aerobatik pada acara Gebyar Dirgantara 2015 di Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta, Minggu (20/12/2015).

Dua pilot yang menerbangkan pesawat itu, Letkol Pnb Marda Sarjono dan Kapten Pnb Dwi Cahyadi, tewas.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Dwi Badarmanto mengatakan, sebelum jatuh, aksi kedua pilot itu sempat memukau pengunjung dengan atraksi aerobatik yang mereka lakukan.

"Pesawat jatuh setelah sebelumnya melaksanakan manuver low pass (terbang rendah) di atas ribuan pengunjung," kata Dwi di Base Ops Lanud Halim, Minggu siang.

Saat ini, jenazah kedua pilot yang merupakan lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara itu disemayamkan di Rumah Sakit Pusat TNI AU Harjo Lukito, Yogyakarta.

Akibat peristiwa ini, kegiatan Gebyar Nusantara 2015 dihentikan.

"Penerbangan komersial dari dan ke Bandara Adi Sucipto saat ini sudah normal kembali," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X