Kompas.com - 17/12/2015, 14:48 WIB
|
EditorSabrina Asril
JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil penelitian yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap DPR jauh lebih rendah dibandingkan lembaga negara lainnya.

Bahkan, lebih rendah dibandingkan DPD yang kewenangannya lebih terbatas.

"Kepercayaan terhadap DPR hanya 40 persen, paling rendah dibandingkan lembaga lain," ujar peneliti LSI Adjie Alfaraby, di Kantor LSI, Jakarta Timur, Kamis (17/12/2015).

Dalam data LSI, jika diurutkan berdasarkan tingkat kepercayaan terendah, DPR menempati posisi pertama dengan tingkat kepercayaan hanya 40 persen.

Lembaga berikutnya adalah DPD sebesar 53,4 persen dan MPR dengan tingkat kepercayaan sebesar 55,9 persen.

Sementara itu, lembaga dengan tingkat kepercayaan tertinggi adalah Presiden, dengan persentase sebesar 81,5 persen.

Posisi kedua ditempati oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan persentase 74,9 persen dan Mahkamah Agung sebesar 60,3 persen.

"Presiden dinilai oleh publik sebagai lembaga yang serius bekerja untuk rakyat," kata Adjie.

Survei tersebut dilakukan LSI pada 11-15 Desember 2015. LSI melakukan wawancara langsung terhadap 1.200 responden menggunakan metode multistage random sampling, tingkat margin of error sebesar 2,9 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.