Kompas.com - 10/12/2015, 02:15 WIB
Petugas pemungutan suara memberikan surat suara kepada pemilih di tempat pemungutan suara di Kuta, Bali, 9 Desember 2015. 100 juta pemilih hari ini memberikan suara untuk pemilihan kepala daerah yang dilakukan serentak di 32 provinsi untuk pertama kalinya. AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKAPetugas pemungutan suara memberikan surat suara kepada pemilih di tempat pemungutan suara di Kuta, Bali, 9 Desember 2015. 100 juta pemilih hari ini memberikan suara untuk pemilihan kepala daerah yang dilakukan serentak di 32 provinsi untuk pertama kalinya.
|
EditorIcha Rastika
JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz mengatakan, pihaknya menemukan sedikitnya 15 tempat pemungutan suara (TPS) yang tidak menyediakan blind template atau surat suara bagi tunanetra.

"Sangat disayangkan, ketika template itu tidak ada maka penyandang disabilitas tidak bisa memilih," ujar Masykurudin di Jakarta, Rabu (9/12/2015).

Ia memaparkan, 15 TPS tersebut adalah dua TPS di Kota Balikpapan, dua TPS di Kabupaten Bantul, satu TPS di Tangerang Selatan, tiga TPS di Kabupaten Jember, dan tujuh TPS di Kota Depok. (Baca juga: "Pak, Ini kok Gambarnya Cuma Satu. Betul Enggak Ini Surat Suaranya?")

"Tentunya ini menjadi pekerjaan rumah penyelenggara pemilu terkait ketersediaan blind template," kata dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum berjanji akan memfasilitasi penyandang disabilitas dalam pilkada serentak 2015. (Baca juga: JPPR: Warga Depok Banyak yang Tak Diberi Undangan Pemilihan)

Salah satunya, adalah menyiapkan template surat suara bagi tunanetra. Nantinya, surat suara akan diselipkan ke dalam template tersebut untuk kemudian dilakukan pencoblosan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.