Menantu Gus Dur Jadi Waketum GP Ansor - Kompas.com

Menantu Gus Dur Jadi Waketum GP Ansor

Kompas.com - 29/11/2015, 11:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menantu KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Dhohir Farisi, terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor periode 2015-2020.

Pria yang sehari-hari akrab dipanggil Fais itu adalah suami  Yenny Zannuba Arifah Chafsoh Rahman atau Yenny Wahid, puteri kedua Gus Dur. 

"Dengan posisi waketum, saya akan berusaha membantu kerja san tugas Sahabat Ketum dengan baik," ujar Fais dalam pernyataan yang diterima Kompas.com

Ia tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan wilayah dan cabang GP Ansor yang menyukseskan kongres sehingga berjalan lancar. 

Sesuai hasil Kongres XV di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sleman, DI Yogyakarta, 26-28 November 2015, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Tutut terpilih menjadi Ketua Umum GP Ansor 2015-2020 menggantikan Nusron Wahid.

Kemudian, hasil musyawarah tim formatur GP Ansor, Gus Tutut dibantu Dhohir Fairisi dan Benny Ramdhani masing-masing sebagai Wakil Ketua Umum. 

Satu jabatan Wakil Ketua Umum lainnya, termasuk Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum, serta jabatan lainnya belum diputuskan personal yang akan mengisinya. Dalam sidang pleno lanjutan yang dipimpin Nusron Wahid, posisi yang kosong akan diputuskan maksimal 7 x 24 jam.

Adapun di Dewan Penasehat diisi oleh Asad Said Ali (Ketua), Prof M. Nasir (Wakil Ketua), Fahmi Akbar Idris (Wakil Ketua), serta Syaifullah Yusuf, Endin J.A. Sofihara, Ahmad Muqowwam, Habib Rahim Assegaf, Muh. Nuh, dan Hasan Aminuddin.

Kongres juga menetapkan struktur baru, yakni Dewan Instruktur, yang diisi oleh Nusron Wahid (Ketua), M. Akil Irkham (Wakil Ketua), serta Abdul Ghofur Maemun, Ahmad Nadhif, Haryanto Oghie, Ghozali Harahap, dan Muh. Ilyas.


EditorTri Wahono

Close Ads X