Rizal Ramli Disenangi Publik karena Berani Kritik Pemerintah

Kompas.com - 05/11/2015, 15:35 WIB
Peneliti LSJ Ikhsan Rosidi, seusai memaparkan hasil survei satu tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, di Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (5/11/2015). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINPeneliti LSJ Ikhsan Rosidi, seusai memaparkan hasil survei satu tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, di Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (5/11/2015).
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil survei menunjukkan bahwa Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli menjadi salah satu menteri Kabinet Kerja yang dianggap memiliki kinerja yang cukup baik.

Publik menilai Rizal berani mengkritik kebijakan pemerintah yang dianggap tidak mendukung rakyat.

"Rizal Ramli gencar melakukan kritik terhadap koleganya yang bekerja tidak rasional. Hal ini yang paling disenangi publik," ujar peneliti Lembaga Survei Jakarta (LSJ), Ikhsan Rosidi, dalam konferensi pers di Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Dalam survei yang dilakukan LSJ atas satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rizal termasuk dalam lima menteri yang paling banyak disukai publik.


Sebanyak 40,1 persen responden menilai kinerja Rizal cukup baik. Menurut Ikhsan, kritik yang dilakukan Rizal dipersepsikan mencerminkan komitmen keberpihakan pada kepentingan rakyat dan kepentingan ekonomi nasional.

Salah satu kritik dari Rizal yang mendapat apresiasi responden adalah soal layanan listrik prabayar.

Selain itu, Rizal dinilai mampu memanfaatkan media massa untuk mengomunikasikan gagasan dan pemikirannya secara lugas dan elegan.

Hal itu terutama dilakukan saat Rizal baru dipilih sebagai menteri untuk menggantikan Indroyono Soesilo.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X