Jokowi Kunjungi Rumah Penyiksaan di Lubang Buaya

Kompas.com - 01/10/2015, 09:13 WIB
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi rumah penyiksaan di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015). Indra AkuntonoPresiden Joko Widodo saat mengunjungi rumah penyiksaan di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyempatkan diri meninjau rumah penyiksaan dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S) di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015). Kegiatan ini dilakukan seusai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo terlihat serius mendengar penjelasan dari petugas yang memandu. Tampak mendampingi Presiden di antaranya Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Setya Novanto, dan Ketua DPD Irman Gusman.

Selain meninjau rumah penyiksaan, Jokowi juga sempat menilik rumah komando dan rumah dapur umum yang lokasinya berdekatan. Setelah itu, ia menuju Monumen Pancasila Sakti.

Dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara. Ada pun komandan upacara adalah Kapolresta Depok Kombes Pol Dwiyono. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bertindak sebagai pembaca teks Pancasila, dan Naskah Pembukaan UUD RI 1945 akan dibacakan oleh Ketua DPD RI Irman Gusman.


Pembacaan dan penandatanganan Ikrar dilakukan oleh Ketua DPR RI Setya Novanto, dan pembacaan naskah doa dilakukan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin. Upacara ini dihadiri oleh hampir seluruh menteri Kabinet Kerja.

Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak hadir karena tengah melaksanakan tugas kenegaraan di luar negeri. Peserta upacara adalah personel gabungan TNI/Polri, dan pelajar.

Tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini adalah “Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila."

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X