Polri Tetapkan 200 Orang Pelaku Pembakaran Hutan

Kompas.com - 30/09/2015, 19:16 WIB
Wakil Kepala Polri Komjen Budi Gunawan
Powered by Telkomsel BlackBerry® Indra AkuntonoWakil Kepala Polri Komjen Budi Gunawan Powered by Telkomsel BlackBerry®
|
EditorFidel Ali

JAKARTA, KOMPAS.com - Mabes Polri terus melakukan penyelidikan terkait kebakaran hutan dan lahan di kawasan Sumatera serta Kalimantan. Jumlah tersangka yang diduga melakukan pembakaran secara sengaja atau lalai memadamkan api di area lahannya terus bertambah.

Wakil Kepala Polri Komjen Budi Gunawan menjelaskan, saat ini Polri telah memeriksa 259 korporasi dan perorangan terkait kebakaran hutan dan lahan tersebut. Dari korporasi, Polri telah menetapkan sembilan tersangka.

"Kalau (tersangka) perorangan sekitar 200," kata Budi, seusai menghadiri rapat bersama Presiden Joko Widodo, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Pemeriksaan tersangka dilakukan oleh enam Polda. Adapun enam kepala Polda pada hari ini telah diminta melaporkan kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

"Kita fokus di enam provinsi (di antaranya) Jambi, Riau, Kalsel, Kalteng, termasuk di Kalbar," ujarnya.

Saat rapat bersama Presiden, Budi mengaku turut melaporkan adanya kebakaran hutan di wilayah Bangka Belitung, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Budi menegaskan personel gabungan TNI/Polri, BNPB dan masyarakat terus bergerak untuk memadamkan api.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X