Kompas.com - 28/08/2015, 16:40 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorFidel Ali Permana

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Fraksi Nasdem Johnny G Plate mengingatkan, agar tidak ada pihak manapun yang berupaya mengintervensi Bank Indonesia. Hal itu perlu dilakukan jika memang ingin memperbaiki kondisi perekonomian Indonesia yang kini sedang melemah.

"Jangan berusaha intervensi BI. Independensi lembaga itu harus dijaga dalam menjaga kondisi ekonomi," kata Johnny saat dihubungi, Jumat (28/8/2015).

Menurut dia, selama beberapa waktu terakhir, Bank Indonesia telah berupaya untuk menstabilkan kondisi perekonomian Indonesia. Bahkan, upaya perbaikan itu sudah terlihat sejak dua hari terakhir meski belum terlalu signifikan.

"Kan ada penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar, dari sebelumnya di atas Rp 14.000, sekarang menguat di level Rp 13.900 sekian," ujarnya.

Johnny menambahkan, saat ini yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kondisi ekonomi yaitu mensinergikan seluruh kekuatan ekonomi yang ada. Jangan sampai ada kekuatan pragmatis yang muncul yang ingin melemahkan kondisi ekonomi. (Baca: Jusuf Kalla: BI Rate Harus Turun)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.