Xanana Gusmao: Demokrasi Tak Bisa Tanpa Ekonomi

Kompas.com - 23/08/2015, 15:09 WIB
Menko Maritim Rizal Ramli saat menerima kedatangan mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, di Jalan Bangka, Jakarta Selatan, Minggu (23/8/2015). Indra Akuntono/Kompas.comMenko Maritim Rizal Ramli saat menerima kedatangan mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, di Jalan Bangka, Jakarta Selatan, Minggu (23/8/2015).
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menemui Menko Maritim Rizal Ramli, di kediamannya, Jakarta Selatan, Minggu (23/8/2015). Xanana menemui Rizal untuk menjajaki kerja sama kedua negara.

"Kita ingin bicara apakah kita melihat pada kerja sama yang lebih baik," ucap Xanana, seusai bertemu Rizal Ramli. [Baca: Xanana Gusmao Bertamu ke Kediaman Rizal Ramli]

Menurut Xanana, kerja sama antara Indonesia dan Timor Leste akan berfokus pada kerja sama ekonomi, khususnya di bidang maritim dan pertanian. Xanana bahkan mendapat tawaran dari Rizal untuk menyekolahkan putra-putri terbaik Timur Leste di sekolah kemaritiman Indonesia.

Menurut Xanana, kekuatan ekonomi sebuah negara akan berdampak pada iklim demokrasi di negara tersebut. Ia menilai, suatu negara akan sulit berdemokrasi tanpa diimbangi dengan kondisi ekonomi yang menunjangnya.

"Maunya kita (jadi negara) demokrasi semua, tetapi kalau ekonomi tidak dibangun, semuanya tidak bisa," ucap Xanana.

Dalam kesempatan itu, Xanana juga mengungkapkan rencana kedatangan Perdana Menteri Timor Leste, Rui Araujo, ke Indonesia pada 26 Agustus 2015 nanti. Rui akan menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Indonesia dalam kesempatan tersebut.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X