Rangkap Jabatan, Luhut Akan Diberhentikan sebagai Kepala Staf Presiden

Kompas.com - 12/08/2015, 15:17 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan untuk sementara merangkap jabatan sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Nantinya, Presiden Joko Widodo akan mengganti Luhut dari posisi Kepala Staf Kepresidenan sehingga Luhut cukup fokus menjalankan tugasnya sebagai menteri.

"Pak Luhut memang untuk sementara belum diberhentikan sebagai KSP. Namun, saya kira akan ada kekosongan dan akan segera diberhentikan dan akan segera diisi untuk Plt," ujar Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki, seusai acara pelantikan di Istana Negara, Rabu (12/8/2015).

Saat ditanya soal pengganti Luhut sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Teten menyatakan belum ada nama yang dipersiapkan Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno berharap, meski nantinya Luhut akan fokus menjadi Menko Polhukam, seluruh sistem yang sudah dibuat di badan baru bentukan Jokowi itu masih tetap bisa berjalan.

Luhut sendiri mengaku bingung soal posisinya sebagai kepala staf ke depan. Dia mengaku lebih baik wartawan menanyakannya kepada Pratikno karena dia sendiri belum mendapat jawabannya. Luhut pun bertanya soal posisinya nanti di KSP kepada Presiden Jokowi.

"Enggak tahu saya juga, tanya Pak Pratik. Saya juga mau tanya, ini saya dipanggil Presiden dulu," ucap dia.

Luhut mengungkapkan bahwa dia baru mengetahui dipilih menjadi Menko Polhukam pagi tadi. Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan tahun 2000 itu pun terpaksa membatalkan kepergiannya ke Bandung, Jawa Barat, hari ini untuk mengikuti pelantikan. (Baca: Jelang Pelantikan, Jokowi Larang Luhut ke Bandung)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.