Wapres JK: Muhammadiyah dan Makassar Miliki Kedekatan Emosional

Kompas.com - 08/08/2015, 02:04 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla, dalam konferensi pers di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (17/7/2015). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINWakil Presiden Jusuf Kalla, dalam konferensi pers di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (17/7/2015).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorFidel Ali Permana


MAKASSAR, KOMPAS.com
- Wakil Presiden Jusuf Kalla menganggap, Muhammadiyah sejak awal telah memiliki hubungan kedekatan emosional dengan Makassar. Hal itu diketahuinya setelah menonton film Sang Pencerah yang menceritakan tentang pendiri Muhammadiyah, Kyai Ahmad Dahlan.

"Saya sedikit surprise, bahwa Kiai Ahmad Dahlan dulu diajar main biola oleh sahabatnya yang orang Makassar. Sehingga tadi saya tanya, jadi sejak dulu orang kita pinter main biola ya? Karena kita tahu orang biasanya main kecapi, sehingga orang jaman dahulu modern bisa mengajar kiai main biola," kata Kalla saat menutup Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Makassar, Jumat (7/8/2015).

Sebagai organisasi yang concern terhadap dunia pendidikan, Kalla mengaku bersyukur dengan keberadaan Muhammadiyah. Pasalnya, melalui kemampuan yang dimiliki, Ia mengatakan, Muhammadiyah telah berhasil mengirimkan sejumlah tokoh besar berlatar belakang tenaga pendidik ke Makassar.

"Bagaimana Muhammadiyah mengirim guru-guru sekolah Islam ke sini, termasuk Buya Hamka. Luar biasa," tutur Kalla.

Bahkan, menurut Kalla, kemampuan Muhammadiyah tersebut belum tentu dapat diikuti oleh dinas pendidikan saat ini. Kalla bahkan sempat menyindir kinerja dinas pendidikan selama ini.

"Kalau sekarang dinas pendidikan pun enggak sanggup kirim guru dari Sumatera ke sini," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X