Kompas.com - 01/08/2015, 11:15 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengadakan pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Sabtu (1/8/2015). Dalam pertemuan ini, Kalla didampingi Duta Besar Indonesia untuk Turki Wardhana.

Pertemuan dimulai kurang lebih pukul 10.30 WIB. Erdogan tiba lebih dulu di lokasi pertemuan dengan mengenakan setelan jas lengkap berwarna hitam. Ia tampak bersalaman dengan perwakilan Indonesia dan berpose sebentar di hadapan media sebelum memasuki ruangan pertemuan.

Tak lama kemudian, Kalla tiba di Ritz Carlton dengan mengenakan setelan jas lengkap. Kepada media, Kalla sempat tersenyum dan melambaikan tangan. Pertemuan pun berlangsung secara tertutup.

Erdogan berada di Indonesia selama tiga hari dalam rangka kunjungan kerja. Pada Jumat (31/7/2015), Erdogan telah bertemu empat mata dengan Presiden Joko Widodo.

Seusai pertemuan dengan Erdogan, Jokowi menyampaikan bahwa salah satu isu yang dibahas dalam pertemuannya berkaitan dengan pemberantasan terorisme, termasuk Negara Islam Irak Suriah (ISIS).

Dari pertemuan itu, Jokowi menyatakan bahwa kedua negara siap meningkatkan kerja sama di bidang intelijen. Jokowi mengungkapkan, kerja sama intelijen ditujukan agar aparat kedua negara bisa saling berbagi informasi. Dia pun berencana untuk menempatkan aparat intelijen Indonesia di Turki.

Kunjungan Erdogan ke Indonesia ini merupakan yang keempat. Kunjugan pertama dilakukan saat Erdogan menjadi perdana menteri Turki. 

Kini, Erdogan kembali ke Indonesia dengan tujuan membahas kerja sama kedua negara di berbagai bidang, khususnya kerja sama ekonomi. Kunjungan ini juga dilakukan saat Indonesia dan Turki merayakan 65 tahun hubungan kerja sama kedua negara.

Isu-isu ekonomi, industri strategis, dan kerjasama sosial budaya amerupakan fokus kunjungan Erdogan ke Indonesia.

Dalam kunjungannya, Erdogan didampingi lima menteri di bidang pertanian, energii, luar negeri, perdagangan, serta transportasi. Ikut pula kurang lebih 100 pengusaha Turki dalam kunjungan Erdogan ke Indonesia ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.