Calon Jemaah Haji Diminta Antisipasi Cuaca Ekstrem Musim Panas

Kompas.com - 31/07/2015, 20:10 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, seusai konferensi pers di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (16/7/2015). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINMenteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, seusai konferensi pers di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (16/7/2015).
EditorBayu Galih
JAKARTA, KOMPAS.com -  Pada musim haji 2015 ini cuaca diprediksi akan lebih panas dari tahun sebelumnya. Untuk itu Kementerian Agama akan menambah ketersediaan air minum saat jemaah haji berada di Arafah dan Mina saat puncak haji.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, untuk menghadapi cuaca ekstrem saat berada di tanah suci, sebaiknya para jamaah haji membiasakan pola hidup sehat.

"Memang cuaca tahun ini relatif lebih panas dari tahun sebelumnya. Karenanya selain pola hidup sehat dengan konsumsi makanan dan minuman sehat, juga memperbanyak minum atau mengkonsumsi air," kata Lukman di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Jumat (31/7/2015).

Dikatakan upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama dalam menjaga stamina jamaah haji pada saat puncak haji adalah dengan menambah ketersediaan air minum.

"Penambahan air minum tidak hanya di Mina, tapi khususnya di Arafah itu akan kita tingkatkan jumlah air minum yang akan didistribusikan ke jamah haji kita. Agar kondisi stamina kesehatan mereka terjaga," ujarnya.

Memang pada saat puncak haji, di Arafah para jamaah akan merasakan teriknya matahari saat menjalankan wukuf, meskipun disediakan tenda-tenda untuk berlindung dari panas matahari. Diungkapkan Lukman, tenda untuk jamaah haji saat melaksanakan wukuf sudah diperbaiki khususnya penyediaan karpetnya agar jamaah bisa lebih nyaman dalam menjalankan ibadah haji.

"Kita berupaya untuk memperbaiki kondisi tenda-tenda kita, karpet-karpet yang ada di setiap tenda tahun ini akan lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Sehingga bisa ditingkatkan kualiatas pelayanannya," ucapnya. (Adi Suhendi)

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X