Presiden Turki Erdogan Kagum akan Masjid Istiqlal

Kompas.com - 31/07/2015, 13:45 WIB
Yiannis Kourtoglou / AFP Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kagum akan kemegahan Masjid Istiqlal Jakarta. Pada Jumat (31/7/2015), Erdogan mengikuti shalat Jumat bersama dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Beliau mengagumi masjid ini, besar," kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi di Masjid Istiqlal, Jakarta, seusai mengikuti shalat jumat bersama.

Menurut Yuddy, Wapres sempat berbincang-bincang santai dengan Erdogan seusai shalat Jumat. Kepada Erdogan, Kalla menjelaskan secara singkat mengenai rancang bangun Masjid Istiqlal.

"Ya bicara yang santai-santai saja. Ya, apa kabar, bagaimana (kabar Turki)," tutur Yuddy.


Mengenai ketidakhadiran Presiden Joko Widodo mendampingi Erdogan shalat Jumat di Istiqlal, Yuddy menilai hal tersebut tidak perlu dipersoalkan. Menurut dia, suatu hal yang wajar jika Wapres menggantikan Presiden ketika Kepala Negara ada kesibukan lain yang tak bisa ditinggal.

"Kan namanya Wapres dan Presiden itu satu kesatuan kepemimpinan nasional. Jadi kalau misalkan presiden sibuk dengan kesibukan yang lain, ya Wapres mendampingi. Suatu hal yang biasa-biasa saja," tutur dia.

Erdogan dan istrinya Emine Erdogan berada di Indonesia dalam rangka kunjungan kenegaraan selama tiga hari. Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, dalam kunjungan kenegaraan ini, Erdogan akan lebih fokus membahas seputar kerja sama ekonomi dengan Presiden Joko Widodo.

Kunjungan Erdogan ke Indonesia ini merupakan yang keempat, namun pertama kalinya dalam kapasitas sebagai Presiden Turki. Kunjungan sebelumnya dilakukan dalam kapasitas sebagai Perdana Menteri Turki.

Kini, Erdogan kembali ke Indonesia dengan tujuan membahas kerja sama kedua negara di berbagai bidang, khususnya kerja sama ekonomi. Kunjungan ini juga dilakukan saat Indonesia dan Turki merayakan 65 tahun hubungan kerja sama kedua negara.

Isu-isu global akan menjadi materi diskusi antara dua tokoh itu yakni mulai dari pemberantasan terorisme, situasi Timur Tengah, hingga penanganan imigran. Pada pukul 15.30 WIB nanti, pihak Istana menggelar upacara penyambutan kenegaraan terhadap Erdogan dan istrinya, Emine Erdogan.

Penyambutan ini dilanjutkan dengan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Erdogan. Selanjutnya, pada malam nanti, Erdogan dijadwalkan mengikuti jamuan makan malam kenegaraan dengan Presiden di Istana Negara, Jakarta.



EditorBayu Galih

Close Ads X