Pentingnya Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia

Kompas.com - 29/07/2015, 10:28 WIB
- -
Penulis advertorial
|
Editoradvertorial

Tantangan terbesar yang dihadapi Indonesia saat ini ialah kompetisi peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia. Hal ini disampaikan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan pada Pengukuhan Kornas Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Ballroom Sari Pan Pacific, Thamrin, Selasa (28/07/2015).

“Dunia sudah terbuka, Masyarakat Ekonomi ASEAN bebas kesana kemari bekerja sama di bidang apapun, bekerja dan sebagainya. Oleh karena itu, tantangan terbesar menurut saya adalah kemampuan Sumber Daya Manusia kita jangan sampai kalah dengan negara-negara sahabat seperti Malaysia, Singapura, dan seterusnya. Itulah saya kira tugas pokok Fokal, untuk mengajak teman-temannya, anak-anak muda meningkatkan kemampuannya,” tuturnya.

Zul menyampaikan jika kompetisi semakin ketat, terbuka, dan transparan. Sehingga, kompetisi akan ditentukan oleh Sumber Daya Manusia. “Kompetisi semakin terbuka, transparan, keras dalam artian positif dan ketat. Tidak melihat saudara dari alumni IMM atau bukan, tapi kita sekarang ini akan sangat ditentukan oleh Sumber Daya Manusianya,” ujar Zulkifli.

Selain itu, Zul juga mendukung agar kader bisa berkiprah di manapun. Menurutnya, tidak ada jalan yang mudah untuk merebut berbagai hal di bidang apapun, ekonomi maupun politik. Oleh karena itu penting untuk menjaga kemampuan.

Lebih lanjut lagi, Zul menyampaikan agar Fokal bisa memperkuat koordinasinya antar provinsi, daerah dan kader. “Agar kemampuan satu provinsi dengan provinsi lain, daerah satu dengan daerah lain, dan kader satu dengan kader lain bisa tersambung sehingga bisa jadi kekuatan untuk menuju cita-cita yang kita harapkan bersama,” kata Zul.

Menurut Zulkifli, Fokal merupakan alumni dari Ikatan Mahasiswa Muhammdiyah (IMM) yang memiliki intelektual, sehingga Fokal diharapkan dapat berperan aktif dalam memberikan kontribusinya terhadap bangsa dan negara.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X