Pelatihan Berakhir, Seratus Dosen Siap Sosialisasikan 4 Pilar

Kompas.com - 08/06/2015, 11:43 WIB
MPR Hidayat Nur Wahid

Rangkaian kegiatan Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainers) Sosialisasi Ketetapan MPR, Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika di Lingkungan Kopertis Wilayah II Sumatera Selatan di Palembang berakhir sudah. Selama empat hari penuh (4-7/6/2015), seratus dosen dari 74 perguruan tinggi yang mengikuti pelatihan ini diberi materi secara menyeluruh oleh para narasumber dari anggota MPR RI.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan, Muhammad Rizal selaku Ketua Panitia dan Kepala Biro Persidangan Sekretariat Jenderal MPR mengungkapkan bahwa hasil pemahaman para peserta pelatihan ini mengalami peningkatan luar biasa. Sebelum mengikuti pelatihan, peserta dites terlebih dahulu (pre test) dengan mengerjakan soal tentang pemahaman empat pilar yang hasilnya rata-ratanya 53,72 dengan nilai tertinggi 75. Setelah empat hari mengikuti pelatihan dengan metode penyampaian materi langsung dari para anggota MPR/ceramah dan tanya jawab, diskusi kelompok, dan simulasi presentasi materi empat pilar, kemudian dilakukan tes lagi (post test) rata-rata nilainya naik menjadi 61,45 dengan nilai tertinggi 85.

Kegiatan pelatihan ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua MPR RI Dr HM Hidayat Nur Wahid, MA. Dalam sambutannya, Hidayat mengapresiasi para peserta yang telah mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan mengucapkan terima kasih atas kerja samanya kepada Koordinator Kopertis Wilayah II Sumatera Selatan.

Lebih lanjut Hidayat mengatakan bahwa permasalahan bangsa saat ini sangatlah kompleks, hingga banyak yang mengatakan Indonesia darurat korupsi, darurat narkoba, darurat prostitusi dan lain-lain. Realita yang ada di daerah  masih mempermasalahkan keadilan yang belum merata hingga keinginan untuk memisahkan diri dari NKRI masih muncul. Untuk itulah, MPR mengajak seluruh pihak untuk turut menyosialisasikan empat pilar agar tujuan dari proklamasi maupun reformasi dapat tercapai.


Kepada peserta, Hidayat berharap seluruh peserta telah memahami secara utuh dan menyeluruh mengenai Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Setelah mendapat pelatihan ini, ke depan para peserta dapat menjadi narasumber yang andal dalam melakukan sosialisasi empat pilar di lingkungan kampus dan sekitarnya.

Ditemui terpisah, salah seorang peserta Elfahmi Lubis dari UMB Bengkulu mengaku senang mendapat pelatihan ini dan bertekad untuk mengajarkan apa yang telah diperoleh dalam pelatihan kepada mahasiswanya. "Saya akan mengajarkan lagi ke mahasiswa saya tentang empat pilar yang saya dapatkan di sini", ujarnya.

Acara penutupan ini juga dihadiri oleh anggota MPR RI Fraksi Golkar Hardisoesilo dan Sri Meliana anggota MPR RI Fraksi Gerindra, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumsel Richard Cahyadi yang mewakili Gubernur Sumsel, Kepala Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis Wilayah II Sumatera Selatan Rustina.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorLaksono Hari Wiwoho
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X