Kalla Ingatkan Prajurit TNI Tak Usah Cari Hiburan ke Bar

Kompas.com - 04/06/2015, 22:07 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Icha RastikaWakil Presiden Jusuf Kalla.
Penulis Icha Rastika
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan perlunya penerapan disiplin bagi anggota TNI. Insiden perkelahian antaranggota TNI sedianya tidak terjadi jika tentara bisa disiplin.

"Dan selalu insidennya terjadi di kafe, janganlah. Tentara harus disiplinlah, ada waktunya hiburan, hiburan. Tak usah pergi hiburan yang bar-bar begitu kan, apalagi prajurit," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Kalla mengingatkan anggota TNI untuk menghabiskan waktu rekreasinya dengan hiburan yang lebih bermanfaat dibandingkan mengunjungi bar.

"Ya hiburan penting, tetapi artinya hiburan rekreasi yang baiklah, jangan berkelahi di situlah," sambung Kalla.

Pada Minggu (31/5/2015) malam, beberapa anggota TNI AU terlibat perkelahian dengan beberapa anggota Kopassus Grup II Kandang Menjangan di sebuah kafe di daerah Sukoharjo. Peristiwa itu mengakibatkan Serma Zulkifli (39), anggota Bintara Sarban Dislog Denma Mabes AU, tewas dan sejumlah prajurit terluka. Dua tentara masih dirawat di rumah sakit di Yogyakarta.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal TNI Wuryanto menjelaskan, anggota Grup 2 Kopassus awalnya ingin melerai keributan yang terjadi antara anggota TNI AU dan masyarakat.

"Ributnya sama masyarakat. Anggota Kopassus mencoba melerai. Saat itu mengenakan pakaian preman. (Anggota) TNI AU-nya malah marah. Akhirnya terjadi ribut," kata Wuryanto seperti dikutip Antara.

Menurut dia, keributan sempat reda. Namun, begitu masuk tempat hiburan, mereka kembali baku hantam hingga ada yang terluka.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X