Kabareskrim Yakin Penangkapan dan Penahanan Novel Baswedan Sesuai Prosedur

Kompas.com - 04/05/2015, 18:20 WIB
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Budi Waseso. KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADOKepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Budi Waseso.
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso yakin penangkapan dan penahanan salah seorang penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan, telah sesuai prosedur.

"Sudah sesuai prosedur dong, masak tidak sih?" ujar Budi di kompleks Mabes Polri pada Senin (4/5/2015).

Atas keyakinan itu juga, pria yang populer disapa Buwas tersebut tidak terlalu khawatir atas permohonan gugatan praperadilan kuasa hukum Novel terhadap Polri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Itu kan memang hak Novel mengajukan itu (praperadilan). Enggak ada masalah," lanjut dia.

Secara terpisah, Direktur Tindak Pidana Umum Brigjen Herry Prastowo mengatakan bahwa dirinya siap menghadapi gugatan pihak Novel. (Baca: Kuasa Hukum Novel Sebut Kabareskrim yang Perintahkan Tangkap Kliennya)

"Nanti saja dilihat, diuji di pengadilan. Yang jelas kita sudah melakukan itu sesuai dengan prosedur," ujar Herry.

Penangkapan serta penahanan Novel oleh penyidik Badan Reserse Kriminal Polri, Jumat (1/5/2015) pekan lalu, diprotes kuasa hukum. Penindakan hukum dinilai penuh kejanggalan dan tidak heran jika dikait-kaitkan dengan isu kriminalisasi Polri terhadap KPK.

Beberapa kejanggalan di antaranya, yakni Surat Perintah Kabareskrim menjadi dasar penangkapan, tidak dilakukannya berita acara pemeriksaan, kuasa hukum kesulitan untuk mendampingi hingga rekonstruksi yang tanpa dihadiri Novel. (Baca: Kabareskrim Bantah Beri Perintah Tangkap Novel Baswedan)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X