Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Tahun Ini 18 Juni

Kompas.com - 04/05/2015, 16:01 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin AGUS SUSANTOKetua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin
EditorFidel Ali Permana

JAKARTA, KOMPAS.com — Organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah telah menetapkan awal bulan puasa 1 Ramadhan 1436 tahun ini, yaitu jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015.

Sementara itu, Idul Fitri 1 Syawal 1436 H bertepatan pada hari Jumat, 17 Juli 2015, demikian keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Muhammadiyah juga menetapkan 1 Zulhijah jatuh pada Senin, 14 September 2015. Selanjutnya, hari Arafah 9 Zulhijah tepat pada 22 September 2015.

Kemudian, Idul Adha 10 Zulhijah jatuh pada Rabu Kliwon, 23 September 2015.

Penetapan awal puasa dan Lebaran itu sesuai hasil telaah hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Metode telaah itu merupakan cara menetapkan awal puasa dan Lebaran, termasuk Idul Adha, dengan ilmu perhitungan falak atau astronomi.

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin meminta keterangan tentang awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1436 H dari Muhammadiyah itu dapat menjadi pedoman warga Muhammadiyah dalam beribadah.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X