Polri Tak Persoalkan jika Ada yang Bela Novel Baswedan

Kompas.com - 01/05/2015, 11:03 WIB
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Budi Waseso. KOMPAS.com/Sabrina AsrilKepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Budi Waseso.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso mengatakan, Polri tak mempersoalkan jika ada pihak-pihak yang membela penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan. Ia mengingatkan, setiap tindakan aparat penegak hukum yang diduga melakukan tindak kekerasan terhadap tersangka maupun saksi dapat dikenakan hukuman.

“Jadi kalau ini dibela, saya juga enggak apa-apa. Seandainya Novel ini dibolehkan dan dibela untuk menjadi tersangka, dibebaskanlah. Berarti nanti UU-nya harus diubah bahwa setiap anggota Polri boleh menembak mati orang,” kata Buwas, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (1/5/2015).

Dalam kasus yang menjeratnya, pada 2004, ada anak buah Novel yang melakukan tindakan di luar hukum yang menyebabkan korban jiwa. Novel yang mengambil alih tanggung jawab anak buahnya dan ia pun sudah mendapat teguran keras. Kasus ini mencuat pertama kali saat ia menyidik kasus korupsi pengadaan alat simulasi roda dua dan roda empat di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri tahun anggaran 2011 dengan tersangka Inspektur Jenderal Djoko Susilo pada tahun 2012.

Budi berharap agar semua pihak tidak mengaitkan penangkapan Novel dengan kisruh antara KPK dan Polri. Menurut dia, penangkapan Novel merupakan bagian dari upaya penegakan hukum oleh Polri.

“Nah itu jangan sampai terjadi, kami penegakan hukum murni, jangan dikait-kaitkan dengan nanti lembaga KPK, atau apa, jangan ya. Ini kebetulan oknumnya sajalah, jadi biarlah penegakan hukum berjalan seperti apa adanya,” kata Budi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X