Lantik Pejabat Gubernur Kaltara, Mendagri Ingatkan Pilkada Serentak di Akhir Tahun

Kompas.com - 22/04/2015, 17:22 WIB
KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Triyono Budi Sasongko seusai dilantik sebagai Pejabat Gubernur Kalimantan Utara, untuk periode 2015-2016, di Gedung Kemendagri, Jakarta, Rabu (22/4/2015).


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melantik Pejabat Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Triyono Budi Sasongko, untuk masa jabatan 2015-2016. Dalam pelantikan tersebut, Tjahjo mengutarakan tiga tugas utama yang perlu segera dilakukan oleh Pejabat Gubernur yang baru.

"Di samping tugas pokok dan fungsi sebagai kepala daerah, Pejabat Gubernur yang baru juga diminta untuk menjalankan tugas mempersiapkan pilkada serentak pada Desember 2015," ujar Tjahjo dalam pidato sambutan pelantikan di Gedung Kemendagri, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Pertama, sebagai kepala daerah otonomi baru, Triyono diminta untuk menjalankan program pembangunan kesejahteraan masyarakat, ekonomi dan infrastruktur di Provinsi Kalimantan Utara. Secara lebih spesifik, Tjahjo juga mengingatkan mengenai antisipasi berkembangnya paham-paham radikalisme yang saat ini berkembang di daerah.

Kedua, Triyono juga ditugaskan untuk menjalankan amanat Presiden Joko Widodo untuk untuk mempercepat pembangunan wilayah perbatasan di Kaltara, seperti di Kabupaten Nunukan dan Malinau.


Sebelum ditunjuk sebagai Pejabat Gubernur, Triyono adalah pejabat eselon I Kemendagri yang menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Pusat.

"Bagaimana membangun daerah perbatasan dengan baik. Misalnya, membangun asrama TNI Polri, membangun puskesmas, rumah sakit. Semuanya dilakukan agar koordinasi antara seluruh instansi terkait dengan pos perbatasan dapat berjalan baik," kata Tjahjo.

Kemudian, yang perlu dipersiapkan dalam waktu dekat, adalah persiapan Kalimantan Utara untuk mengikuti pilkada serentak pada Desember 2015. Tjahjo menugaskan Triyono untuk berkoordinasi dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kaltara, serta seluruh forum pimpinan daerah, Kepolisian dan TNI untuk menyukseskan pilkada serentak.

Triyono dilantik menggantikan Irianto Lambrie yang masa jabatannya telah habis. Irianto sendiri telah menyatakan bahwa dirinya akan mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah, dan bersaing dengan calon lainnya untuk kembali menjabat sebagai Gubernur Kaltara.



EditorFidel Ali Permana

Close Ads X