Setelah Zainab, TKI Asal Brebes Dieksekusi Mati di Arab Saudi

Kompas.com - 16/04/2015, 18:34 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Icha Rastika
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) kembali dieksekusi mati di Arab Saudi. TKI bernama Karni bin Medi Tarsim itu dieksekusi mati pada pukul 10.00 pagi, Kamis (16/4/2015) tadi.

"Bernama Karni di Arab Saudi. Jam 10 pagi tadi," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal saat dihubungi Kompas.com.

Menurut dia, Karni dieksekusi setelah dinyatakan bersalah membunuh anak usia empat tahun. Pembunuhan dilakukan dengan menggorok leher anak tersebut. Selebihnya mengenai eksekusi Karni ini, Kemenlu akan menyampaikan keterangan persnya pada pukul 19.00 WIB hari ini.

Karni berangkat ke Arab Saudi di tahun 2009 lalu. Ia bekerja sebagai asisten rumah tangga di salah satu keluarga di Yanbu, Saudi. Selama bekerja di sana selama tiga tahun, Karni tidak memiliki masalah. Namun, dia membunuh balita yang selama ini diasuhnya.

Kasus ini berbuntut panjang, karena ayah si balita panik ketika mendengar puterinya dibunuh. Alhasil, ketika berupaya menuju ke rumah dari tempat kerjanya, ayah si balita yang tengah mengendarai mobil menabrak dua pengendara lainnya hingga tewas.

Harian Saudi Gazzette melansir, pengadilan akhirnya menjatuhkan vonis mati di tahun 2013 lalu. Eksekusi mati terhadap Karni ini menyusul eksekusi mati terhadap Siti Zaenab. Wanita itu dieksekusi mati setelah melalui proses hukum selama 16 tahun. Ia dinyatakan bersalah membunuh membunuh istri majikannya.

TKI dieksekusi mati

Sebelumnya, tanpa ada pemberitahuan, Siti Zaenab, TKI yang sudah mendekam di penjara Madinah sejak 1999, dieksekusi pada Selasa (14/4/2015) siang waktu Indonesia.

Siti Zaenab dipidana atas kasus pembunuhan terhadap istri dari pengguna jasanya yang bernama Nourah bt Abdullah Duhem Al Maruba pada 1999. Dia kemudian ditahan di penjara umum Madinah sejak 5 Oktober 1999.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X