Badrodin Agendakan Peningkatan Soliditas dan Profesional Polri

Kompas.com - 16/04/2015, 13:41 WIB
Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon kepala Polri di hadapan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2015). KOMPAS.com/INDRA AKUNTONOWakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon kepala Polri di hadapan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2015).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorLaksono Hari Wiwoho


JAKARTA, KOMPAS.com – Calon kepala Polri, Komisaris Jenderal Badrodin Haiti, mengatakan bahwa ada dua agenda besar yang menjadi fokus pada program kerjanya jika terpilih menjadi Kepala Polri. Kedua agenda itu akan diupayakan dapat terealisasi sebelum masa jabatannya berakhir pada Juli 2016.

"Tentu ada beberapa perubahan yang bisa kita lakukan dalam upaya untuk memberikan suatu perubahan kepada Polri," kata Badrodin seusai menjalani fit and proper test di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Agenda pertama yang akan diwujudkan adalah meningkatkan soliditas di internal Polri. Menurut jenderal bintang tiga itu, soliditas merupakan hal mutlak untuk menunjang konsolidasi internal. Soliditas juga menjadi modal penting dalam melaksanakan tugas kelembagaan. "Supaya dalam pelaksanaan tugas nanti bisa berjalan efektif, tidak terpecah," ujarnya.

Badrodin juga menyoroti mengenai pentingnya peningkatan profesionalisme anggota. Hal ini diperlukan untuk mengurangi terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oknum anggota Polri saat bertugas.

"Kita katakan akan membentuk tim penertiban internal Polri. Tugasnya untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan bagaimana meningkatkan penegakan hukum. Kalau mencegah sudah tidak bisa, ya harus dilakukan penegakan hukum," ujarnya.

Ia menyebutkan, perlu ada sejumlah peningkatan dalam kinerja penegakan hukum dan perlindungan masyarakat. Yang terutama dalam hal menyelesaikan kasus-kasus yang dianggap mendapat perhatian publik seperti korupsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.