Wapres: Ada "Reshuffle" jika Hasil Evaluasi Tak Penuhi Target

Kompas.com - 14/04/2015, 18:35 WIB
Wakil presiden terpilih, Jusuf Kalla, memberikan pandangannya saat mengunjungi redaksi Kompas, Palmerah, Jakarta, Rabu (3/9/2014). Dalam kunjungannya tersebut Jusuf Kalla memberikan sejumlah pandangan mengenai rencana kerja pemerintahan Jokowi-JK mendatang. KOMPAS.COM / RODERICK ADRIAN MOZESWakil presiden terpilih, Jusuf Kalla, memberikan pandangannya saat mengunjungi redaksi Kompas, Palmerah, Jakarta, Rabu (3/9/2014). Dalam kunjungannya tersebut Jusuf Kalla memberikan sejumlah pandangan mengenai rencana kerja pemerintahan Jokowi-JK mendatang.
Penulis Icha Rastika
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan ada reshuffle atau perombakan kabinet jika hasil evaluasi menunjukkan kegagalan dalam memenuhi target. Namun, sejauh ini, Presiden Joko Widodo belum membicarakan masalah reshuffle.

"Kalau evaluasi tidak memenuhi syarat pasti diganti, reshuffle, tetapi belum dibicarakan," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Kalla juga menegaskan bahwa evaluasi kabinet terus dilakukan secara rutin. "Sambil jalan evaluasi, pasti," ujar dia.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto sebelumnya mengatakan bahwa Presiden sempat mengevaluasi performa menteri berdasarkan pemberitaan. Namun, metode itu diubah dengan menitikberatkan pada data-data yang lebih konkret. Data-data konkret itu misalnya terkait dengan target rencana kerja pemerintah dan daya serap anggaran di kementerian yang dilaporkan oleh Kementerian Keuangan.

Desakan agar Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet mulai mencuat. Salah satunya dilontarkan Kelompok Diskusi Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) yang menyebutkan bahwa dari survei yang mereka lakukan, sebesar 96,5 persen masyarakat ingin Kabinet Kerja segera dirombak. Desakan serupa juga muncul dari internal PDI Perjuangan, salah satu partai pengusung pemerintah.

Baca juga: "Reshuffle" Kabinet Diminta Bukan karena Dorongan Politik Semata

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X