Menkumham Yasonna Laoly Ganti Dirjen AHU Harkristuti Harkrisnowo

Kompas.com - 20/03/2015, 16:17 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengumumkan keputusan terkait penetapan kepengurusan DPP Partai Golkar pasca-putusan Mahkamah Partai Golkar di Kantor Kemenkum HAM, Jakarta, Selasa (10/3/2015). Kemenkum HAM akhirnya mengakui kepengurusan Partai Golkar hasil munas Ancol yang dipimpin Agung Laksono. TRIBUNNEWS / DANY PERMANAMenteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengumumkan keputusan terkait penetapan kepengurusan DPP Partai Golkar pasca-putusan Mahkamah Partai Golkar di Kantor Kemenkum HAM, Jakarta, Selasa (10/3/2015). Kemenkum HAM akhirnya mengakui kepengurusan Partai Golkar hasil munas Ancol yang dipimpin Agung Laksono.
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Hukum dan HAM memindahkan posisi sejumlah pejabat Eselon I di kementerian tersebut. Pelantikan jabatan baru tersebut dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Salah satu pejabat yang dimutasi adalah Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Hakristuti Harkrisnowo. Oleh Yasonna, Harkristuti dimutasi menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Saat ditemui usai acara, Yasonna menyatakan bahwa rencana rotasi jabatan Harkristuti sudah direncanakan sejak lama. Namun, menurut dia sebaiknya pergantian posisi dilakukan secara bersamaan dengan jabatan lainnya.

"Ini udah Desember lalu, masa satu orang aja. Itu suratnya udah dikirimkan Desember lalu karena gara-gara UU ASN (Aparatur Sipil Negara) jadi terlambat," ujar Yasonna di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Jumat (20/3/2015).

 

Bantah terkait parpol

Jabatan Dirjen AHU erat kaitannya dengan administrasi partai politik. Namun, Yasonna enggan disebut memindahkan Harkristuti terkait pengesahan kepengurusan Partai Golkar.

Diketahui, Harkristuti tidak sedang berada di Indonesia ketika Yasonna mengumumkan bahwa pemerintah mengakui kepengurusan Partai Golkar yang dipimpin Agung Laksono.

"Kok ada urusan dengan Golkar? Memang ada urusan apaan? Ini coba lihat, semuanya diganti," kata Yasonna.

Menurut Yasonna, Harkristuti lebih cocok ditempatkan di bagian pengembangan SDM karena berlatar belakang akademisi.

"Ibu prof itu adalah dosen, akademikus, maka saya tugaskan beliau untuk memimpin badan pengembangan SDA manusia karena di sini agak kurang," lanjut dia.

Sementara waktu, kata Yasonna, posisi Dirjen AHU masih kosong dan digantikan oleh pimpinan sementara. Nantinya Yasonna akan mencari orang yang pantas menempati posisi tersebut.

Ada pun sejunlah pejabat Eselon I yang dimutasi yaitu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Bambang Rantam dilantik sebagai Sekretaris Jenderal. Sementara itu, Y Ambeg Paramartha yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal, kini digeser menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan HAM.

Selanjutnya, Kepala Balitbang HAM sebelumnya Mualimin Abdi dilantik menjadi Direktur Jenderal HAM. Selain itu, Dirjen HAM Chaidir Amin Daud diangkat sebagai Inspektorat Jenderal. Agus Sukiswo yang sebelumnya menjabat sebagai Irjen akan dikembalikan ke jabatan awalnya di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X